February 29, 2024
Pengelupasan terlihat jelas di dahi pasca peeling. Photo copyright of Miareveals.com.

Pengelupasan terlihat jelas di dahi pasca peeling. Photo copyright of Miareveals.com.

Sesama acne warriors pasti tahu nih, hal yang jauh lebih sulit diatasi selain jerawat. Yup, jawabannya adalah bekas jerawat! Sudah ga terhitung berapa banyak krim malam yang gue coba untuk menghilangkan yang namanya bekas jerawat, baik bekas jerawat berupa PIE, PIH, dan scar. Sayangnya, setelah beberapa lama gue fokus ke skincare, gue menyadari bahwa krim-krim topikal saja itu TIDAK CUKUP! Menurut gue, memang perlu treatment juga ke klinik kecantikan untuk menghilangkan bekas jerawat secara cepat dan menyeluruh. Skincare berfungsi sebagai preparation dan after-care treatment agar tindakan di beauty clinic itu lebih maksimal hasilnya.

Laser dan chemical peeling untuk menghilangkan PIE

Kalau teman-teman lihat di beberapa artikel gue sebelumnya, gue sudah sempat menyinggung tentang laser untuk bekas acne, yaitu tindakan medis menggunakan sinar laser yang berfungsi untuk memudarkan dan menghilangkan bercak bekas jerawat (terutama PIE). Nama treatment laser-nya bisa bermacam-macam, tergantung klinik kecantikan tersebut mau menamainya seperti apa, misalkan laser acne, laser rejuvenation, laser smooth skin, dan sebagainya. Yang pasti, jenis / mesin laser yang digunakan, biasanya ga jauh-jauh dari VBeam®, Q-Switched Nd YAG, picosecond laser, fractionated laser.

Selain laser, ada juga treatment chemical peeling yang berfungsi untuk mempercepat regenerasi kulit. Regenerasi mendorong munculnya lapisan kulit baru yang lebih sehat dan youthful, menggantikan lapisan kulit lama, yang mana terdapat bekas-bekas jerawat.

Chemical peeling untuk memudarkan bekas jerawat ada bermacam-macam, tergantung dari zat kimia yang digunakan. Contoh zat kimia (asam) yang dipakai untuk peeling adalah trichloroacetic acid (TCA), golongan alpha-hydroxy acids (AHA) seperti glycolic acid, lactic acid, malic acid, citric acid, tartaric acid, golongan beta-hydroxy acids (BHA) seperti salicylic acid, atau kombinasi antara beberapa asam yang telah disebutkan tadi.

Laser dan peeling yang ditawarkan di Marvee Clinic

Di artikel kali ini, gue akan memberikan review treatment laser acne dan peeling acne di Marvee Clinic Matraman, Jakarta. Berdasarkan hasil konsultasi dengan dr. Merry Cardina di Marvee Clinic, treatment yang cocok untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah gue adalah kombinasi antara laser acne (nama treatment-nya di Marvee adalah Acne Reduce Laser) dan chemical peeling acne.

Untuk jenis lasernya, laser acne di Marvee Clinic adalah laser Q-Switched Nd YAG. Gue juga sempat mengobrol dengan dr. Merry terkait dengan treatment laser acne di Marvee, dan beliau bilang bahwa ada berbagai macam wavelength yang digunakan agar hasil treatment lebih maksimal. Jadi ga hanya menargetkan bekas jerawatnya pudar, tapi juga promote kolagen agar tampilan kulit menjadi lebih sehat. Untuk chemical peeling acne di Marvee Clinic, cairan peeling yang digunakan adalah kombinasi dari beberapa acids.

Laser Q-Switched Nd YAG di Marvee Clinic Matraman, Jakarta (foto diambil pada tanggal 14 Mei 2022). Photo copyright of Miareveals.com.
Laser Q-Switched Nd YAG di Marvee Clinic Matraman, Jakarta (foto diambil pada tanggal 14 Mei 2022). Photo copyright of Miareveals.com.

Prosedur treatment laser dan peeling acne di Marvee Clinic

Treatment yang dilakukan lebih dahulu adalah chemical peeling acne. Sebelum peeling, wajah dibersihkan dengan cleanser, lalu dibilas dan dikeringkan. Untuk mengurangi rasa sakit atau perih saat peeling, diaplikasikanlah krim anestesi dan didiamkan selama kurang lebih 20-30 menit. Setelah itu, krim anestesi dilap dari wajah sampai bersih.

Begitu wajah sudah bersih dari krim anestesi, dokter akan masuk ke ruangan peeling untuk melakukan tindakan peeling tersebut. Cairan peeling diaplikasikan ke wajah menggunakan kuas dan secara keseluruhan, proses pengaplikasian cairan peeling berlangsung cukup cepat, mungkin sekitar 15 menit. Setelah itu, cairan peeling didiamkan di wajah selama beberapa saat, sebelum akhirnya dibilas sampai bersih menggunakan air. Teman-teman bisa lihat di foto berikut, frosting atau pengelupasannya sudah mulai tampak pasca peeling.

Pengelupasan terlihat jelas di dahi pasca peeling. Photo copyright of Miareveals.com.
Pengelupasan terlihat jelas di dahi pasca peeling. Photo copyright of Miareveals.com.

Kemudian setelah peeling, dokter langsung mempersiapkan wajah untuk di-laser. Lebih ke arah mata sih persiapannya. Jadi, mata ditutup dengan kapas dan kacamata hitam khusus untuk mencegah adanya sinar laser yang mengenai mata.

Dokter akan memberikan aba-aba ketika treatment laser dimulai. Di wajah, akan terasa sedikit cekit-cekit, seperti digigit semut kecil. Kadang ada juga rasa sedikit hangat, dan ada tercium bau gosong. Tapi itu normal mengingat adanya energi panas yang mengenai kulit kita. Tidak ada kulit yang sampai benar-benar terbakar ketika di-laser. Treatment laser acne juga berlangsung cepat, sekitar 15 menit.

Review jujur hasil treatment laser dan peeling acne di Marvee Clinic

Overall, gue cukup puas dengan hasil treatment laser dan peeling acne di Marvee Clinic. Memang ga bisa instan sekali treatment terus langsung hilang bekas jerawatnya. Berikut ini adalah foto before-after gue sebelum treatment laser dan peeling versus setelah 4 kali treatment.

Perbandingan sebelum dan sesudah 4 kali treatment laser Q-switched Nd YAG dan peeling acne di Marvee Clinic Matraman, Jakarta. Photo copyright of Miareveals.com.
Perbandingan sebelum dan sesudah 4 kali treatment laser Q-switched Nd YAG dan peeling acne di Marvee Clinic Matraman, Jakarta. Photo copyright of Miareveals.com.

Dari foto terlihat bahwa sudah berkurang kemerahannya, terutama di daerah dagu (jerawat gue cenderung hormonal dan seringkali muncul di dagu). Untuk kasus gue, bekas jerawat merahnya memang bandel. Jadi untuk mendapatkan hasil seperti di foto after, itu butuh 4 kali treatment kombinasi laser dan peeling. Menurut gue, walau sudah tampak progress yang cukup baik, hasil tersebut masih bisa dimaksimalkan. Tentunya gue ingin agar PIE-nya completely gone. Maka dari itu, kemungkinan besar gue akan lakukan lagi kedua treatment tersebut secara rutin hingga goal gue tercapai.

Nah teman-teman, itu tadi review jujur gue terhadap treatment laser dan peeling acne di Marvee Clinic! Untuk rincian harganya, silakan cek post gue yang berikut ini, “Ternyata segini biaya perawatan untuk wajah glowing dan V-shape!“.

By the way, ada yang punya pengalaman serupa dalam mengatasi PIE? Cerita-cerita yuk di comment!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *