June 3, 2023
botox illustration1

botox illustration1

Kali ini, gue akan cerita pengalaman beauty treatment di Marvee Clinic Kimia Farma. Ini adalah klinik kecantikan pertama milik BUMN. Marvee sendiri merupakan singkatan dari Marcks & Venus, dua brand kecantikan yang juga keluaran Kimia Farma.

Jadi, gue tahu klinik Marvee ini karena zaman kuliah sering lewat di jalan Dago (Jl. Ir. H. Juanda), Bandung. Klinik Marvee Bandung terletak persis di sebelah Moxy Hotel. Walaupun sering lewat, gue belum pernah mampir ke lokasi klinik yang di Bandung tersebut. Gue baru kepikiran mencoba treatment di Marvee saat sudah domisili di Jakarta. Lokasi klinik yang di Jakarta terletak di Jl. Matraman, lebih tepatnya di dalam kawasan hotel Holiday Inn Matraman. 

Persiapan sebelum datang ke Marvee Clinic

Sebelum mengunjungi klinik, gue browsing dulu tentang Marvee Clinic Jakarta. Begitu gue googling, per 15 April 2022, sudah ada sekitar 600-an Google reviews untuk klinik ini. Gue amazed banget sama review-nya yang hampir semuanya 5 stars. Cuma 1-2 review yang kasih 1 star dan itupun ga jelas kenapa. Hampir semua review bilang kalau mereka puas dengan treatment disana, dan yang paling penting nih, tenaga medis, terapis, kasir, semuanya ramah dan profesional. 

Google reviews Marvee Clinic Jakarta, diakses 16 April 2022. Copyright of miareveals.com.
Google reviews Marvee Clinic Jakarta, diakses 16 April 2022. Copyright of miareveals.com.

Gue juga kunjungi situs marvee.id dan disana lengkap banget penjelasan tiap treatment serta HARGANYA. Sebagai konsumen, gue appreciate banget dengan beauty clinic yang lengkap dan transparan dalam memberikan informasi. Selain menghilangkan kesan tembak harga, sebagai konsumen, kita jadi tahu what to expect with our budget.

Ada lho soalnya beauty clinic yang pas gue WA, gue mesti tanya satu-satu ada ga treatment A,B, C, dst dan mereka ga mau kasih tahu price list. Klinik terkenal padahal (depannya B), tapi kok seakan-akan konsumen ga berhak dapat informasi di awal, website dan CS juga ga informatif, dan kalau mau tahu harga, mesti konsultasi ke dokter dulu… Please, ini era keterbukaan informasi bagi konsumen gitu lho!

Oke balik lagi ke Marvee Clinic, pertama kali datang, gue memutuskan untuk konsultasi dulu dengan dokter di klinik. Sebelumnya, gue sudah WA dengan CS agar dibuatkan janji konsultasi di tanggal yang diinginkan. Awalnya gue ingin konsultasi sama SpKK. Eh ternyata saat gue datang, dokter SpKK-nya belum datang. Biar tidak lama menunggu, gue putuskan untuk konsultasi ke dokter umumnya saja.

Pengalaman konsultasi dengan dokter di Marvee Clinic

Gue konsultasi dengan tujuan menanyakan treatment apa yang dibutuhkan untuk V-shape wajah. Apakah cukup hanya dengan radiofrequency dan mesotherapy? Atau ada treatment lainnya yang diperlukan? Target gue adalah wajah V-shape khas para artis dan selebriti Indonesia.

Beneran deh, kalau lihat tipe-tipe wajah artis itu ada pola yang mirip ya menurut gue. Polanya bagaimana? Yaitu V-shape, hidung dan dagu lancip, serta pipi yang agak naik. Sehingga ketika senyum, bentuk wajahnya itu bagus banget.

Konsultasi berlangsung cepat, sekitar 15 menit. Sebelum konsultasi, gue memang sudah baca-baca dulu tentang treatment kecantikan yang menarik minat gue. Jadi saat bertemu dengan dokter, diskusinya bisa langsung to the point. Dokternya ramah, informatif, serta benar-benar bisa kasih saran mengenai treatment yang sesuai untuk kondisi kulit gue sekarang ini dan bagaimana caranya mencapai ekspektasi gue.

Jadi setelah dianalisis oleh dokter, memang masih ada beberapa problem terkait jerawat. Maka, supaya hasil akhirnya benar-benar bagus, dokter menyarankan untuk memperbaiki problem jerawatnya juga, selain melakukan treatment untuk wajah kencang (I am in my early 30’s btw) dan V-shape.

Treatment untuk wajah glowing, kencang, dan V-shape

Berikut adalah target perawatan untuk gue:

  1. Mengempeskan jerawat aktif di dagu, ada sekitar 2-3 jerawat aktif
  2. Memudarkan bekas jerawat merah (PIE) di pipi, dagu, dan dahi
  3. Menghilangkan acne scar ringan di pipi
  4. Mengecilkan pori-pori besar di pipi
  5. Memudarkan garis-garis halus (fine lines) di dahi, di antara kedua alis (frown lines), dan daerah di ujung luar kelopak mata dekat pelipis (crow’s feet)
  6. Meniruskan pipi tembem
  7. Ingin hidung dan dagu yang lebih lancip
  8. Mencerahkan wajah yang kusam

So, treatment apa saja yang gue ambil? Inilah treatment untuk wajah glowing, kencang, dan V-shape, beserta harga dan total biayanya!

List perawatan untuk wajah glowing, kencang, dan V-shape, beserta harganya. Copyright of miareveals.com.
List perawatan untuk wajah glowing, kencang, dan V-shape, beserta harganya. Copyright of miareveals.com.

Frekuensi kunjungan treatment

Tentunya seluruh treatment tersebut tidak gue lakukan dalam sekali kunjungan. Treatment yang bisa digabung dalam sekali kunjungan adalah laser, chemical peeling acne, acne injection, injeksi vitamin C, mesotherapy, dan suntik botox. Untuk radiofrequency, baiknya dilakukan terpisah saat kunjungan berikutnya (bisa 2 minggu atau 1 bulan kemudian, tergantung saran dari dokter).

Radiofrequency merupakan treatment yang dapat meningkatkan suhu di lapisan dermis. Maka, gue pribadi (dan masukan dari dokternya juga) tidak melakukan radiofrequency wajah di hari yang sama dengan suntik botox atau saat masih ada jerawat aktif. Tarik benang juga tidak gue gabung dengan perawatan lain (kecuali dengan injeksi vitamin C) untuk meminimalkan resiko gangguan dari treatment-treatment lain. Kalau injeksi vitamin C boleh digabungkan dengan treatment wajah yang manapun karena injeksi dilakukan secara intravena di lengan.

My thoughts about chin filler

Untuk dagu yang lebih lancip, nanti juga bisa ditambahkan filler dagu (IDR 4.273.500 per 1x treatment). Namun, sampai saat ini gue masih agak ragu mau filler dagu atau tidak. Hal ini disebabkan seringnya muncul jerawat di dagu gue karena pengaruh hormonal. Takutnya keberadaan filler dapat memperparah kemunculan jerawat, atau sebaliknya, hasil filler kurang maksimal / cepat terdegradasi karena nantinya gue pasti bolak-balik treatment jerawat di dagu (pakai acne injection, laser, dll).

Closure

Nah teman-teman, itu tadi summary beauty treatment yang gue lakukan di Marvee Clinic Kimia Farma Matraman, Jakarta. Penasaran dengan review gue untuk tiap treatment, termasuk before after-nya? Yuk, simak post gue yang lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *