February 29, 2024
Seorang wanita sedang merawat eyelash extension. Sumber: pexels.com.

Seorang wanita sedang merawat eyelash extension. Sumber: pexels.com.

Tips merawat eyelash extension ini berdasarkan pengalaman pribadi dan dapat dilakukan di rumah. Terbukti eyelash extension gue tetap bagus...

Bayangkan, kamu baru pasang eyelash extension minggu lalu. Terus, sekarang kamu lagi seneng-senengnya nih menikmati your new set of gorgeous eyelashes. Eh ternyata kesenangan kamu itu hanya berlangsung sementara! Suddenly, bulu mata asli kamu, plus extension-nya, mulai berguguran! Padahal baru sebentar lho kamu enjoying bulu mata lentik kamu itu! Huh, kesal banget ga sih?!

Di artikel kali ini, gue akan bahas mengenai tips merawat eyelash extension agar awet dan bulu mata asli tetap sehat! Semua tips berikut sudah gue coba sendiri di rumah dan terbukti hasil eyelash extension gue tetap bagus meski sudah 3 minggu sejak pemasangan. Dengan perawatan yang baik, eyelash extension dapat bertahan 1-2 bulan. Tentunya, target gue adalah eyelash extension dapat bertahan selama mungkin, yaitu 2 bulan (syukur-syukur kalau bisa lebih). Nah, apa saja tipsnya? Simak artikel berikut ini!

1. Rutin menyisir bulu mata dengan spoolie

Sama halnya dengan rambut panjang, bulu mata yang lentik dan panjang punya kecenderungan yang lebih tinggi untuk tangled (kusut), dibandingkan dengan waktu bulu mata kita masih pendek (sebelum eyelash extension). Maka dari itu, bulu mata yang sudah dipasang extension harus rutin disisir agar tidak kusut, tidak saling tumpang-tindih / saling menyilang antar bulu mata. Cara menyisirnya mudah, cukup gerakkan spoolie dari akar bulu mata hingga ke ujungnya. Persis seperti saat mau memakai mascara.

Kalau ada helaian eyelash extension yang tertindih extension lain, maka helai yang tertindih itu bisa lebih turun. Akibatnya, bisa lebih mudah lepas karena keberatan (karena ketindihan bulu mata lain). Atau bisa saja ga lepas, tapi bikin mata / penglihatan kita terganggu. Nah, kalau sudah mengganggu mata, biasanya kita jadi ingin mengucek-ucek mata. Jika mengucek mata terlalu kasar, tentunya bisa menyebabkan eyelash extension lepas.

Untuk yang penasaran spoolie-nya mesti seperti apa, jawabannya cukup spoolie yang biasa saja! Teman-teman bisa beli di marketplace, banyak banget jualannya dan harganya murah. Gue cek di Shopee atau Tokopedia, per 11 Juni 2022, ada yang jual seharga IDR 200-300 rupiah per buah! Berikut foto spoolie yang gue pakai. seperti saat mau memakai mascara.

Spoolie eyelash extension untuk menyisir bulu mata dan extension-nya. Photo copyright of Miareveals.com.
Spoolie eyelash extension untuk menyisir bulu mata dan extension-nya. Photo copyright of Miareveals.com.

2. Bersihkan make-up di daerah mata secara perlahan, sebelum membersihkan eyelash extension

Ketika teman-teman membersihkan eyeliner, eyeshadow, sisa bedak pada daerah mata, maka berhati-hatilah dalam menggunakan cairan pembersih make-up mata. Usapkan kapas berisi cairan pembersih make-up mata secara perlahan dan hanya di bagian yang diberi make-up saja. Tentunya, jadi ga bisa cepat-cepat dalam membersihkan make-up nya ya!

Setelah make-up daerah mata dibersihkan, barulah teman-teman bisa membersihkan eyelash extension dengan sabun khusus dan brush. Hal tersebut dilakukan untuk membersihkan make-up yang menempel ke eyelash extension, misalnya serbuk eyeshadow atau sisa eyeliner di dekat akar bulu mata.

3. Bersihkan eyelash extension menggunakan sabun khusus dan brush/kuas yang lembut

Setelah beraktivitas sehari-hari, bahkan saat kita tidur pun, ada kemungkinan debu, kotoran, keringat itu menempel di helaian eyelash extension. Karena itulah, kita wajib membersihkan bulu mata minimal 1x sehari. Misalkan, sekalian saat kita mandi atau mencuci muka. Tentunya, cara membersihkan eyelash extension ga bisa sembarangan.

Eyelash extension dipasangkan ke bulu mata asli menggunakan lem khusus. Supaya ketahanan lemnya tetap terjaga, baiknya hindari penggunaan sabun / facial cleanser yang mengandung minyak, di daerah bulu mata. Pembersih yang bi-phasic (dua fase, terdiri dari fase minyak dan fase air) yang biasanya dipakai untuk membersihkan eyeshadow dan mascara, itu juga a big no-no untuk eyelash extension!

Begitu pembersih berbahan minyak bertemu dengan lem eyelash extension, lem dapat terlarut ke cairan minyak tersebut, sehingga ketahanan lem dapat berkurang. Bahkan, kalau pembersih berbahan minyak tersebut digosokkan terlalu lama / terlalu kuat ke eyelash extension, maka extension-nya bisa lepas.

Untuk sabun pembersih eyelash extension, gue pakai produk gentle foaming cleanser dari Lavere Lash yang dijual di salon bulu mata Everlash. Untuk brush khusus eyelash extension, gue pakai brush yang bahannya lembut seperti di foto di bawah ini. Menurut gue, brush-nya mirip blending brush atau brush eyeshadow.

Sabun khusus, brush lembut, dan cara yang tepat untuk membersihkan eyelash extension. Photo copyright of Miareveals.com.
Sabun khusus, brush lembut, dan cara yang tepat untuk membersihkan eyelash extension. Photo copyright of Miareveals.com.

Berikut ini adalah step-by-step membersihkan eyelash extension ala gue:

  1. Siapkan handuk, cermin, sabun khusus bulu mata, dan brush agar berada dalam jangkauan kita.
  2. Ambil sedikit saja sabun pembersih khusus eyelash extension lalu basahi dengan air agar berbusa. Jika memakai Lash Detox dari Lavere Lash, maka tekan pump-nya pelan saja agar foam / busa yang keluar tidak terlalu banyak.
  3. Busa pembersih disapukan ke eyelash extension menggunakan brush. Di tiap mata, gerakkan brush secara perlahan satu arah saja, yaitu mulai dari pangkal mata hingga ujung mata. Berarti, untuk mata kiri, gerakkan brush dari kanan ke kiri. Kemudian, untuk mata kanan, gerakkan brush dari kiri ke kanan.
  4. Bilas brush dengan air bersih yang dingin atau suhu ruang. Hindari air yang panas atau terlalu hangat. Tap-tap sedikit brush-nya agar tidak terlalu banyak air yang nantinya disapukan ke daerah mata.
  5. Brush yang telah basah tadi lalu disapukan ke bulu mata yang masih bersabun. Sapukan secara perlahan ya, searah saja dari pangkal mata ke ujung mata.
  6. Ulangi langkah 4 dan 5 beberapa kali, hingga bulu mata bersih dari sabun.
  7. Jika memungkinkan, saat menyapukan brush di daerah mata kanan, mata kiri tetap terbuka agar dapat melihat ke cermin apakah eyelash extension mata kanan sudah tersapu dengan baik atau belum. Demikian juga berlaku saat sedang membersihkan eyelash extension di daerah mata kiri.
  8. Tempelkan atau tap-tap handuk ke daerah mata untuk mengeringkan bulu mata.

4. Pakai serum bulu mata yang oil-free

Secara alami, bulu mata asli kita pasti akan rontok sesuai siklus pertumbuhannya. Antar tiap helai bulu mata asli bisa saja siklus pertumbuhannya sama atau berbeda. Normalnya kerontokan bulu mata perhari adalah 1-5 helai. Begitu suatu helai bulu mata asli rontok, tentunya eyelash extension yang menempel padanya akan ikut rontok pula.

Untuk memperkuat akar bulu mata asli dan mendorong pertumbuhan bulu mata baru agar lebih cepat dan banyak, teman-teman dapat menggunakan serum bulu mata. Pastikan serum bulu mata-nya oil-free ya agar tidak mengganggu ketahanan lem eyelash extension.

Ada banyak pilihan serum bulu mata yang eyelash extension-friendly. Teman-teman bisa beli di salon bulu mata atau beli di marketplace. Kalau gue, selain oil-free, gue juga cari serum bulu mata yang mengandung biotin (vitamin B7) dan peptides. Gue pakai produk serum bulu mata dari Beaudelab karena kandungannya sesuai dengan yang gue cari dan harganya juga terjangkau.

5. Hindari mengucek mata secara berlebihan

Ketika mata dikucek kuat-kuat, eyelash extension bisa berantakan dan kadang malah terasa menusuk mata. Akibatnya, kita jadi mengucek mata lebih kuat lagi. Nah, kalau sudah begitu mata menjadi merah dan eyelash extension bisa lepas.

Tips dari gue, pas mata lagi gatal banget, mendingan tutup mata dan kucek mata tapi di bagian kelopaknya. Jadi seperti ditekan-tekan gitu kelopak matanya. Kemudian, seringkali daerah mata yang gatal itu berada di pangkal mata, misalkan karena ada kotoran disitu. Daripada dikucek, lebih efektif jika kita menggunakan tisu yang telah dibasahi sedikit dengan air bersih, lalu ditekan-tekan perlahan di bagian pangkal mata agar kotorannya terangkat.

Sama halnya jika ada debu yang masuk ke mata. Gunakan tisu yang telah dibasahi dengan air, lalu di tap-tap ringan di daerah mata agar debu yang masuk tadi bisa menempel ke tisu tersebut.

6. Hindari pemakaian mascara dan eyelash curler pada eyelash extension

Nah teman-teman, memang sih eyelash extension yang sudah lentik itu menggoda banget untuk dilentikkan lagi dengan mascara dan eyelash curler. Tapi, hal tersebut TIDAK BOLEH dilakukan ya! Kedua hal tersebut dapat mempengaruhi ketahanan lem eyelash extension, serta bisa saja merubah bentuk/kelentikan dari eyelash extension itu sendiri.

Seorang wanita sedang merawat eyelash extension. Sumber: pexels.com.
Eyelash extension. Sumber: pexels.com.

Itulah tadi 6 tips merawat eyelash extension dari gue! Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Ingat, untuk mendapatkan hasil terbaik, semua tips di atas butuh dilakukan secara rutin, plus self-control yang baik! Like other investments, beauty also needs effort. Biar ga merasa sendirian nih dalam menjalankan beauty effort-mu, yuk share pengalaman kamu dalam merawat eyelash extension! Feel free to comment ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *