April 17, 2024
Penjelasan French Acne Peel Therapy di Qeza Aesthetic

Penjelasan French Acne Peel Therapy di Qeza Aesthetic

Kalimat-kalimat yang bikin mixed feelings penderita jerawat.

  • “Ih, cantik banget hari ini! Tapi kok ada yang lagi mentul-mentul tuh di wajah lo, kenapa?” (Jadi gue cantik apa ga? Apa basa-basi aja karena mau nanya jerawat gue? Huft..)
  • “Sebenernya kamu tuh cantik! Tinggal dihilangin aja bekas jerawat merah-merahnya ya!” (Berarti sekarang masih jelek yak? Duh, masalahnya bekas jerawatnya itu lhoo yang susah hilang..)
  • “Kalau ga mau jerawatan, harus rajin cuci muka! Coba deh sabun muka merk ABCDE!” (Ya kali gue ga cuci muka. Gue cuci muka udah 3x sehari, double cleansing juga kalau habis make-up. Gue bukan orang jorokkkk!)

Dan tentunya masih banyak lagi kalimat yang bikin sad 🙁 kaum berjerawat. Tapi, yasudahlah komentar orang lain memang ga bisa kita atur. Yang bisa kita atur adalah wajah kita sendiri! Biar kulit makin bersih dan bebas jerawat dan bekasnya, di artikel kali ini, gue akan membagikan pengalaman gue melakukan full treatment French acne peel therapy di Qeza Aesthetic Permata Hijau, Jakarta. Apa bedanya ya dengan peeling acne yang gue lakukan di Marvee Clinic Matraman, Jakarta? Yuk, langsung scroll down this article!

Paket peeling acne yang ditawarkan di Qeza Aesthetic

Tanggal 13 Agustus 2022 lalu, gue melakukan treatment acne di Qeza Aesthetic Permata Hijau, Jakarta. Ini sudah kedua kalinya gue treatment acne di Qeza, karena service-nya bagus dan lokasinya dekat rumah. Sebelum datang ke klinik, gue sudah membuat appointment sebelumnya, via Whatsapp Qeza Permata Hijau (+6287706428195). Begitu datang, gue langsung disambut petugas resepsionisnya, dan diminta untuk menggunakan slippers khusus Qeza selama di dalam klinik. Untuk sepatu dapat disimpan di rak sepatunya Qeza.

Buat teman-teman yang pertama kali datang ke Qeza, kalian akan diminta untuk mengisi biodata untuk keperluan database Qeza. Jujur, dulu waktu pertama kali datang itu gue rada males mengisi biodata, apalagi diminta foto KTP segala. Kalau hanya minta alamat dan nomor HP ya sudah gapapa, tapi foto KTP tuh aduh please, my privacy! Hmm, gue pura-pura ga denger aja pas diminta KTP. 😀

Kunjungan kedua dan seterusnya, sudah ga diminta mengisi biodata lagi. Kita tinggal bilang bahwa sudah pernah treatment sebelumnya, dan nanti petugas akan mencari data diri kita di database pasien Qeza.

Lalu, untuk treatment yang berhubungan dengan wajah / tindakan invasif (injeksi suatu zat terapeutik ke dalam tubuh), pasien harus konsultasi dulu dengan dokter estetik di Qeza. Berhubung gue mau treatment jerawat di wajah, dokter meng-examine kondisi wajah gue terlebih dahulu dan menanyakan keluhan apa yang ingin gue atasi. Gue lalu menyebutkan problem utama, yaitu jerawat dan bekas kemerahannya (post-inflammatory erythema).

Setelah melihat wajah gue, dokter menyarankan untuk memilih dari beberapa paket French acne peel therapy yang ditawarkan oleh Qeza. Ada beberapa paket seperti di gambar berikut.

Pilihan paket French acne peel therapy di Qeza Aesthetic. Sumber: Gambar yang dikirimkan oleh admin Qeza, via Whatsapp Qeza Aesthetic Permata Hijau (12 Agustus 2022).
Pilihan paket French acne peel therapy di Qeza Aesthetic. Sumber: Gambar yang dikirimkan oleh admin Qeza, via Whatsapp Qeza Aesthetic Permata Hijau (12 Agustus 2022).

Gue aktif aja menanyakan berbagai fungsi dari tiap treatment. Berikut beberapa hasil diskusi gue dengan dokter estetik di Qeza (dr. Yudanti Abigail).

  • Facial penting dilakukan oleh mereka yang kulit wajahnya acne-prone, oily, combination. Walaupun sakit sih memang, tapi facial itu dapat mengeluarkan (ekstraksi) komedo-komedo. Kalau tidak dikeluarkan dari kulit, komedo berpotensi menjadi jerawat.
  • Blue light anti acne PDT (photodynamic therapy) dan photofacial (Intense Pulsed Light IPL) acne merupakan terapi berbasis sinar yang merupakan PELENGKAP dari facial, peeling, anti acne injection. Energi dari PDT atau photofacial itu tidak sebesar/sekuat laser NdYAG, laser fractional sehingga cocok untuk dikombinasi bersama treatment lain dalam paket French acne peel therapy Qeza.
  • Walaupun terapi pelengkap tapi bukan berarti kurang bermanfaat. Terapi blue light anti acne PDT dan photofacial membantu membasmi jerawat yang masih mendem di bawah kulit.
  • Selain terapi di atas, Qeza juga menyediakan treatment invasif dimana serum untuk anti acne disuntikkan ke kulit. Nama treatment-nya adalah French acne booster shot, yang isinya kombinasi plant extracts, dan produknya merupakan produk impor (based on nama treatment-nya, likely impor dari Perancis).

Selain treatment di atas, kalau berdasarkan kondisi wajah gue, gue juga bisa melakukan platelet rich plasma (PRP) untuk mild scar dan pore tightening, serta injeksi DNA salmon biar makin glowing. Tapi itu next step-nya jika berminat. Kalau untuk saat ini, fokus dulu ke jerawat. Dari hasil konsultasi, gue memutuskan untuk ambil paket French acne peel therapy Platinum. Gue mau coba paket terlengkapnya itu seperti apa, plus gue penasaran sama hasil French acne injection-nya nanti seperti apa.

Konsultasi perawatan kulit wajah di Qeza Aesthetic Permata Hijau, dengan dokter Yudanti Abigail (aesthetician). Photo copyright of Miareveals.

Untuk chemical peeling French acne yang ditawarkan di Qeza, itu peeling-nya tidak menggunakan cairan seperti umumnya. Disini digunakan semacam krim putih untuk peeling the skin, yang mengandung glycolic acid, salicylic acid, bentonit. Treatment ini memang ditujukan untuk acne-prone skin, untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah, membersihkan epidermis, dan membantu mengecilkan pori-pori. Krim peeling diimpor dari Perancis dan merupakan best seller treatment di Qeza sejak 2013.

Penjelasan treatment French peel acne Qeza Aesthetic yang disampaikan di akun Instagram resmi Qeza Aesthetic (@qezaclinic). Sumber: Screenshots diambil pada tanggal 1 Agustus 2022, oleh Miareveals.com lewat akun IG @miareveals.
Penjelasan treatment French peel acne Qeza Aesthetic yang disampaikan di akun Instagram (IG) resmi Qeza Aesthetic (@qezaclinic). Sumber: IG screenshots diambil pada tanggal 1 Agustus 2022, oleh Miareveals.com lewat akun IG @miareveals.

Prosedur French Acne Peel Therapy Platinum package di Qeza Aesthetic

Sebelum treatment dilakukan, kita akan diminta tandatangan semacam informed consent yang menyatakan bahwa kita menyetujui tindakan di Qeza & sudah acknowledge resikonya. Kalau saat akan tandatangan kamu merasa ada informasi yang masih kurang jelas, tanyakan dulu ke petugas Qeza-nya ya!

Berikut ini keseluruhan prosedur French acne peel therapy, platinum package di Qeza Aesthetic. Durasi treatment secara total adalah 2 jam.

French acne peel therapy - Platinum package di Qeza Aesthetic Permata Hijau, Jakarta (13 Agustus 2022). All photos are copyright of Miareveals (www.miareveals.com).
French acne peel therapy – Platinum package di Qeza Aesthetic Permata Hijau, Jakarta (13 Agustus 2022). All photos are copyright of Miareveals.

Untuk aftercare-nya, gue diminta menghentikan pemakaian krim malam, chemical dan physical exfoliator (toner, scrub) selama 3 hari. Serta, tiap pagi dan siang itu wajib menggunakan sunscreen karena wajah akan jauh lebih sensitif terhadap sinar matahari pasca peeling.

Review jujur hasil chemical peeling French acne di Qeza Aesthetic

Pertama, gue bahas dulu dari segi treatment-nya. Saat facial dan peeling, tentunya masih terasa ada sakit-sakitnya gitu. Kalau pas facial, sakitnya karena wajah dipencet-pencet untuk mengesktraksi komedo. Nah, untuk krim peeling acne-nya Qeza ini juga masih tetap terasa perih-perih (dan agak gatal kalau di wajah gue ya). Padahal peeling-nya hanya 3 menit! Heuuww, tapi seringnya memang begitu sih ya kalau treatment peeling di beauty clinic.

Selain peeling, penyuntikkan French acne shot 1 cc juga cukup sakit menurut gue. Kalau gue perhatikan dari cara dokter menyuntik, yaitu jarum suntik diarahkan dengan sangat miring (hampir horizontal), penyuntikannya itu kemungkinan intradermal alias disuntikkan ke dermis (but readers, please correct me if I’m wrong ya!). Kemudian injeksi 1 cc disebar ke beberapa titik di wajah (mungkin ada kali ya 10-15 kali suntik), sampai cairan injeksi tersebut habis. Hmmm, rasanya pas disuntik itu kayak ada sobekan kecil-kecil di kulit. Pedessss! Padahal sudah pakai krim anestesi sebelumnya, tapi tetap aja ya namanya disuntik pasti sakit juga. Kecuali kalau anestesinya diinjeksikan ke kulit, pasti kulit jauh lebih kebas.

Setelah treatment, gue bisa merasakan wajah gue jadi lebih kering tapi ga sampai mengelupas. Jerawat juga jadi mengering. Overall, no downtime kalau di gue ya. Ini sih menurut gue perbedaan utamanya sama peeling acne di Marvee Clinic (cek review-nya disini). Tapi, ada juga pasien lain yang mengalami pengelupasan ringan setelah French acne peeling di Qeza.

Kedua, dari sisi service / pelayanannya. Menurut gue, dokter Yudanti enak diajak konsultasi. Beliau informatif dan mau menjawab pertanyaan-pertanyaan gue dengan sabar, serta ga buru-buru. Petugas-petugas Qeza (facialist, front office, dll) pun ramah-ramah dan mau mendengarkan pasien. Pokoknya, misal ada treatment yang rasa sakitnya ga bisa kamu tahan, jangan sungkan untuk bilang ke dokter / petugas Qeza-nya!

Ketiga, dari sisi harga menurut gue cukup affordable. Teman-teman bisa scroll ke atas untuk melihat pricelist paket acne peeling-nya. Dengan harga segitu, sudah dapat banyak treatment. Terlepas dari apakah semua treatment di paket tersebut bener-bener tokcer ya, but at least kita jadi bisa mencoba berbagai treatment dulu kan. Ke depannya, kita bisa tentukan (berdasarkan pengalaman & observasi wajah sendiri) mana treatment yang menurut kita memang hasilnya nyata namun tetap sesuai dengan pain tolerance kita.

Overall, gue puas dengan treatment peeling acne di Qeza. But next, mungkin gue akan ambil paket yang silver atau gold French acne peel aja (yang ga ada suntik anti acne-nya, because it hurts).

Untuk kulit acne-prone, facial dan peeling memang harus rutin dilakukan, misal sebulan sekali, supaya wajah bersih dan bebas jerawat. Tentunya, daily skincare harus dilakukan dengan baik juga. Bukan hanya mengandalkan treatment di beauty clinic, ya kan!

Sekian review gue tentang French acne peeling di Qeza Aesthetic. Teman-teman juga bisa share rekomendasi tempat peeling wajah favoritmu ya! Atau, ada yang punya pengalaman treatment di Qeza Aesthetic juga? Share in comment below!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *