June 3, 2023
Jenis bulu mata single lash (berdasarkan diameter ketebalan bulu mata extension dan warna) di Everlash. Sumber: katalog Everlash & diskusi via Whatsapp Everlash.

Jenis bulu mata single lash (berdasarkan diameter ketebalan bulu mata extension dan warna) di Everlash. Sumber: katalog Everlash & diskusi via Whatsapp Everlash.

Tanggal 16 Mei 2022 lalu, gue mencoba eyelash extension di Everlash Puri Indah, Jakarta Barat. Simak review gue berikut ini ya!

Teman-teman pernah ga sih, ngeliat post Instagram-nya seorang influencer yang baru bangun tidur tapi udah cantik? Habis itu pasti kalian wondering, wah gimana ya caranya supaya gue juga bisa “I woke up (beautiful) like this”? Selain kulit wajah yang terawat, sebetulnya kalau gue perhatikan nih, ada wow-factor yang bikin cantiknya influencer tersebut makin terpancar. Nah, wow-factor tersebut adalah EYELASH yang panjang dan lentik!

Kalau gue perhatikan, rata-rata beauty influencer punya a gorgeous set of eyelashes. Mungkin memang ada yang naturally born with it, tapi ada juga yang hasil dari treatment di salon. Bersyukur banget deh jadi wanita modern di zaman sekarang ini. Sudah ada berbagai treatment kecantikan untuk bulu mata, termasuk eyelash extension! Bisa instant punya bulu mata panjang dan lentik!

Tanggal 16 Mei 2022 lalu, gue mencoba eyelash extension di salah satu cabang dari salon bulu mata terkenal di Indonesia, yaitu Everlash. Gue pergi ke cabang Everlash yang berlokasi di daerah Puri Indah, Jakarta Barat. FYI, ini adalah PERTAMA KALI gue mencoba eyelash extension.

Salon bulu mata, Everlash cabang Puri, Jakarta Barat. Sumber: Google Maps.
Salon bulu mata, Everlash cabang Puri, Jakarta Barat. Sumber: Google Maps.

Sebelum datang ke Everlash, gue sudah membuat appointment terlebih dahulu untuk treatment yang diinginkan. Pembuatan appointment dilakukan via Whatsapp (WA) resmi Everlash di nomor 081311888508. Lewat WA tersebut, teman-teman juga dapat meminta pricelist / katalog lengkap Everlash, yang juga memuat foto-foto berbagai varian eyelash extension-nya Everlash! Ini berguna banget sebagai referensi eyelash extension yang kira-kira sesuai dengan keinginan dan budget kita. Selain bulu mata, Everlash juga memiliki eyebrows and nails treatment, alias perawatan untuk alis dan kuku. Sayangnya, per Mei 2022 tersebut, nails treatment masih belum tersedia di Everlash Puri.

Oh iya, untuk eyelash extension akan memakan waktu cukup lama, yaitu minimal 2 jam. Bisa lebih dari 2 jam, tergantung dari kompleksitas model eyelash extension yang dipilih, masih ada yang perlu diperbaiki atau tidak setelah semua extension dipasang (misalkan masih ada yang kurang sreg), dan sebagainya. Agar hasilnya bagus, baiknya memang treatment tersebut dilakukan secara perlahan dan berhati-hati. So, pastikan ya bahwa teman-teman tidak ada jadwal kegiatan lain yang terlalu mepet dengan waktu pengerjaan eyelash extension!

Ruangan treatment eyelash extension Everlash Puri

Ruko salon terdiri dari 2 bagian. Lantai 1 untuk salon rambut, Hair Affair, dan lantai 2 untuk salon bulu mata, Everlash. Nah, untuk toilet hanya ada di lantai 1 ya. Jujur, untuk layout di dalam ruko, menurut gue agak bikin bingung untuk pengunjung yang baru pertama kali datang. Tangganya terhalang cermin besar, jadi agak ga nyadar kalau tangganya itu dibalik cermin tersebut. Sign direction-nya menghadap samping, jadi tidak langsung terlihat ketika membuka pintu masuk. Kemudian, letak kamar mandi ada di paling belakang di lantai 1, dan di sekitarnya ada beberapa room lain. Jadi agak mencari-cari dulu, mana yah toiletnya?

Lanjut bahas tentang penampilan ruangan salon Everlash itu sendiri. Begitu naik ke lantai 2, ada nuansa elegan dari penggunaan warna hitam, emas, dan coklat muda di ruangan salon. Tidak banyak kursi tamu yang tersedia di front desk, paling hanya cukup untuk 2-3 orang. Hal tersebut dikarenakan seluruh jadwal treatment biasanya sudah berdasarkan appointment, jadi memang jarang ada tamu yang menunggu untuk walk-in treatment di front desk.

Untuk ruangan treatment, setiap pengerjaan eyelash extension dilakukan privately di kamar tersendiri. Bukan dipisahkan dengan tirai atau hanya disekat saja tanpa pintu, tapi benar-benar di suatu ruangan kecil yang terpisah dari tamu lain.

Ruangan eyelash extension di Everlash Puri, Jakarta Barat. Photo copyright of miareveals.com.
Ruangan eyelash extension di Everlash Puri, Jakarta Barat. Photo copyright of Miareveals.com.

Ruangannya nyaman dan ber-AC. Kemudian di tiap ruangan juga sudah disediakan masker dan hair cap yang dapat dipakai selama eyelash extension berlangsung.

Sebelum eyelash extension: Memilih tipe & jenis, model, kelentikan (curl) eyelash extension yang ditawarkan di Everlash

Di front desk, petugas Everlash akan menjelaskan mengenai beberapa tipe, model, dan curl eyelash yang dapat dipilih. Untuk tipe, ada yang classic single lash dimana 1 bulu mata extension dipasang ke 1 helai bulu mata asli. Dan ada juga yang volume lash, dimana 1 atau lebih lash fan (bulu mata extension-nya terdiri dari beberapa helai yang disusun menyerupai kipas) dipasang ke 1 helai bulu mata asli. Untuk tiap tipe, ada lagi jenis ketebalan & warna bulu mata extension-nya. Di bawah ini, gue cantumkan pilihan jenis bulu mata untuk classic single lash.

  • Jenis bulu mata single lash (berdasarkan diameter ketebalan bulu mata extension dan warna):
    • Featherlite diameter 0.12mm
    • Featherlite Plus diameter 0.15mm
    • Hollywood Mink diameter 0.15mm, lebih hitam dari Featherlite Plus, dan ada kilap natural
    • Featherblack diameter 0.15mm dan warnanya lebih hitam dari Hollywood Mink
    • Featherblack Plus diameter 0.20mm, merupakan bulu mata extension paling tebal di antara varian single lash lainnya
    • Mocha Lash berwarna cokelat
  • Model / gaya pemasangan eyelash extension
    • Classic Diana, artinya menambah panjang bulu mata asli kita dengan cara memasang eyelash extension sesuai kontur / gradasi panjangnya bulu mata asli. Intinya sih menurut gue, langsung pasang saja eyelash extension-nya di tiap helai bulu mata asli, supaya tiap helai jadi lebih panjang dan lentik.
    • Gorgeous Emma, bulu mata di bagian tengah akan dipasangkan extension yang lebih panjang dibanding daerah bulu mata lainnya
    • Charming Meghan, gaya extension dibuat sedemikian rupa agar menghasilkan lifted-eye effect. Cocok untuk yang kelopak matanya agak turun. Kalau selihat gue sih, bulu mata di 3/4 bagian mata akan dipasang extension lebih panjang kemudian gradually memendek hingga ujung mata.
    • Sexy Marilyn, gaya extension dimana makin ke ujung mata, extension bulu mata akan makin panjang.
  • Curl: paling landai adalah B curl, kemudian C curl, CC curl, dan yang paling lentik adalah D curl.

Seluruh bulu mata extension dari Everlash adalah waterproof dan juga tidak mudah lepas, bahkan saat kita mengucek mata.

Jenis bulu mata single lash (berdasarkan diameter ketebalan bulu mata extension dan warna) di Everlash. Sumber: katalog Everlash & diskusi via Whatsapp Everlash.
Jenis bulu mata single lash (berdasarkan diameter ketebalan bulu mata extension dan warna) di Everlash. Sumber: katalog Everlash & diskusi via Whatsapp Everlash.

Meskipun di katalog Everlash ada contoh hasil eyelash extension-nya, tapi tetap itu hanya referensi saja. Hasil eyelash extension bisa bervariasi pada setiap orang. Nah, dari hasil diskusi sama petugas Everlash, gue memutuskan untuk mencoba classic single lash Featherlite Plus, model Classic Diana, dan kelentikan CC curl. Karena baru pertama kali eyelash extension, jadi gue mau tes dulu dengan pilihan yang cukup basic / simple. Hal ini supaya hasilnya terlihat natural, sekaligus mengetahui kekuatan bulu mata asli apakah bakal cepat rontok atau ga, ketika dipasangkan bulu mata extension.

Awalnya, gue bahkan ingin coba yang paling basic, yaitu classic single lash Featherlite, model Classic Diana, dan kelentikan B curl. Tapi, begitu gue lihat display bulu mata palsunya (foto di bawah ini), wah tampilan Featherlite dan Featherlite Plus ga beda jauh! Kalau Hollywood Mink sih sudah terlihat ya, kelihatan lebih tebal. Akhirnya, gue pun memilih Featherlite Plus.

Kemudian, setelah dipikir-pikir, kayaknya sayang kalau sudah eyelash extension tapi ga ada efek lentiknya. Mana bulu mata asli gue dari awal memang kurang lentik kan. Kalau lihat dari display, C curl dan CC curl tidak beda jauh. Akhirnya, gue pilih opsi kelentikan yang CC curl.

Display kombinasi beberapa tipe, jenis, model, dan kelentikan eyelash extension di Everlash Puri. Photo copyright of Miareveals.com.
Display kombinasi beberapa tipe, jenis, model, dan kelentikan eyelash extension di Everlash Puri. Photo copyright of Miareveals.com.

Nah, varian mocha lash-nya sebetulnya menarik banget! Bulu mata warna coklat dapat memberikan kesan mata yang lebih romantic and dreamy. But again, karena baru pertama kali eyelash extension, jadi gue belum berani eksperimen dulu.

Display mocha lashes extension di Everlash Puri. Secara keseluruhan, bulu mata tampak berwarna coklat tua karena mocha lashes extension berpadu dengan bulu mata asli yang berwarna hitam. Photo copyright of Miareveals.com.
Display mocha lashes extension di Everlash Puri. Secara keseluruhan, bulu mata tampak berwarna coklat tua karena mocha lashes extension berpadu dengan bulu mata asli yang berwarna hitam. Photo copyright of Miareveals.com.

Saat eyelash extension dilakukan

Karena minimal butuh waktu 2 jam, maka jika perlu ke toilet, maka dapat dilakukan sebelum treatment dimulai. Saat mulai pengerjaan, kita disuruh berbaring dan harus tutup mata selama proses eyelash extension berlangsung. Pertama-tama eyelash asli akan dicuci terlebih dahulu menggunakan sabun khusus bulu mata (produk Lash Detox yang dijual di Everlash) yang diaplikasikan menggunakan kuas lembut. Setelah bulu mata dibilas dan dikeringkan, di bawah mata akan dipasang sejenis under eye-patch agar saat kita menutup mata, eyelash bisa terlihat lebih jelas. Kemudian, proses eyelash extension pun dimulai.

Di Everlash, tiap helai bulu mata extension akan dipasang di atas helai bulu mata asli, dengan jarak 0.5 mm dari akar bulu mata. Tujuannya agar eyelash extension-nya rapi dan tidak terasa menusuk kelopak mata.

Penjelasan terkait eyelash extension di Everlash Puri. Photo copyright of Miareveals.com.
Penjelasan terkait eyelash extension di Everlash Puri. Photo copyright of Miareveals.com.

Selama kurang lebih 2 jam, proses eyelash extension dilakukan. Prosesnya cukup nyaman kok di area mata, bahkan gue sempat ketiduran sebentar!

Setelah eyelash extension selesai dilakukan

Setelah treatment, pas pertama buka mata, ada terasa perih-perih sedikit di mata. Kata eyelash technician-nya itu karena uap dari lem extension yang digunakan. Gue pun disuruh menutup mata dulu lagi sebentar, agar bulu mata bisa dikipas-kipas pakai fan / blower kecil dan uap lem cepat hilang dari area mata. Setelah 1-2 menit dikipas, gue dipersilakan membuka mata kembali, dan kali ini sudah tidak terasa perih.

Sebelum sesi berakhir, gue cek lagi hasil eyelash extension-nya, just in case ada bulu mata yang tampak turun atau kurang rapi. Ada 2-3 helai yang kayak agak turun, jadi gue minta eyelash technician untuk merapikannya kembali. After that, selesai deh treatment-nya, and I like the result!

Perbandingan sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) eyelash extension Featherlite Plus, classic Diana, CC curl di Everlash Puri. Photo copyright of Miareveals.com.
Perbandingan sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) eyelash extension Featherlite Plus, classic Diana, CC curl di Everlash Puri. Photo copyright of Miareveals.com.

Overall impression: Review JUJUR eyelash extension di Everlash!

Tentunya, gue suka banget hasilnya! Bulu mata jadi lebih lentik dan bervolume, sehingga overall look dari wajah gue terlihat lebih fresh dan pretty (hihi, boleh dong ya pede). Tanpa makeup pun, wajah sudah tampil cantik deh!

Selama proses pemasangan bulu mata extension, ga terasa sakit sama sekali, ga perih atau menusuk kelopak mata. Ruang treatment juga rapi dan bersih. Eyelash technician dan petugas front desk-nya Everlash juga ramah dan informatif saat gue tanya-tanya seputar eyelash extension. Perihal harga, menurut gue cukup kompetitif, mengingat service dan tempatnya yang premium. Berikut ini gue tampilkan harganya dari katalog / price list yang diinformasikan oleh Everlash per Mei 2022.

Price list eyelash extension Everlash, informasi per Mei 2022. Sumber: diskusi via Whatsapp Everlash.
Price list eyelash extension Everlash, informasi per Mei 2022. Sumber: diskusi via Whatsapp Everlash.

Oke teman-teman, sekian review gue kali ini. Di artikel gue yang lain, gue bahas tips merawat eyelash extension agar awet, sembari tetap menjaga kesehatan bulu mata asli kita! Dengan perawatan yang baik, eyelash extension dapat bertahan hingga 2 bulan lho. Untuk yang penasaran, langsung aja baca artikel lengkapnya di miareveals.com ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *