April 17, 2024
Seorang wanita sedang menutupi wajahnya dari paparan sinar matahari. Sumber: pexels.com.

Seorang wanita sedang menutupi wajahnya dari paparan sinar matahari. Sumber: pexels.com.

Di artikel sebelumnya, gue sudah membahas tentang pengertian dan perawatan untuk menghilangkan post-inflammatory hyperpigmentation (PIH) dan post-inflammatory erythema (PIE). Tapi adakah cara untuk mencegah PIH dan PIE? Karena tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati kan. Nah, di artikel ini gue bahas tuntas mengenai cara mencegah PIH dan PIE. So, lanjut scroll ke bawah ya!

Cara mencegah PIH

Aturan yang WAJIB dipatuhi untuk mencegah PIH itu satu: harus pakai sunblock atau sunscreen. Bukan hanya sebelum melakukan kegiatan outdoor, tapi bahkan untuk kegiatan di dalam kantor atau rumah sekalipun! Pada siang hingga sore hari, teriknya sinar matahari tetap dapat masuk melewati kaca jendela, sehingga wajah atau kulit tubuh dapat terkena paparannya.

Dalam sinar matahari (sunlight), terdapat yang namanya radiasi ultraviolet (UV radiation). Sementara, jendela di kantor atau rumah belum tentu dapat mem-filter radiasi UV tersebut. Maka, pemakaian sunblock / sunscreen tetap diperlukan meskipun teman-teman banyak beraktivitas di dalam ruangan.

Seorang pria dan wanita menggunakan sunblock saat melakukan kegiatan outdoor, untuk mencegah PIH. Sumber: pexels.com.
Seorang pria dan wanita menggunakan sunblock saat melakukan kegiatan outdoor, untuk mencegah PIH. Sumber: pexels.com.

Tidak lupa juga, perhatikan kandungan sunblock atau sunscreen yang dipakai. Pastikan produk yang teman-teman gunakan mengandung PA (protection grade of UVA) untuk anti UVA, dan SPF (sun protection factor against UVB) sebagai anti UVB.

Gue merasa beruntung banget karena di jaman sekarang pilihan sunblock dan sunscreen itu ada banyak! Formulanya juga bagus-bagus, menyesuaikan kebutuhan dari beragam tipe kulit wajah. Beberapa fitur yang sering di-highlight oleh produsen sunblock dan sunscreen adalah produk mereka itu lightweight, water-based, dan ga menimbulkan white cast. Fitur-fitur tersebut membuat penggunaan sunblock atau sunscreen jadi lebih nyaman di kulit, apalagi jika kulit wajah cenderung berminyak dan berjerawat.

Cara mencegah PIE

PIE adalah hal yang sangat sulit dihilangkan! Berdasarkan pengalaman gue, butuh treatment rutin, skincare yang bagus, dan kesabaran yang EKSTRA, supaya PIE bisa memudar (paling tidak, jadi agak samar lah ya). Maka, jauh lebih baik untuk mencegah PIE daripada mengobatinya. Walaupun, cara mencegahnya agak tricky. Wah, tricky bagaimana nih?

Di artikel ini, gue fokus ke PIE yang disebabkan oleh acne (penyebab PIE pada umumnya). Cara mencegahnya sebetulnya sederhana. Begitu ada jerawat, langsung diobati SEGERA, dan jangan memencet jerawat! Hal tersebut dilakukan agar inflamasi yang terjadi tidak berlangsung lama dan mengurangi potensi meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Nah, tergantung dari tingkat keparahan jerawatnya, teman-teman bisa memilih berbagai obat jerawat over-the-counter (OTC) atau membeli di apotek sesuai resep dokter.

Seorang wanita segera mengobati jerawatnya untuk mencegah PIE. Sumber: pexels.com.
Seorang wanita segera mengobati jerawatnya untuk mencegah PIE. Sumber: pexels.com.

Beberapa pilihan obat jerawat OTC adalah krim, gel, atau serum yang mengandung:

Tentunya, jika teman-teman bingung mau mengobati jerawat pakai obat apa dan butuh konsentrasi berapa persen, lebih baik segera konsultasikan permasalahan jerawat dengan dokter kulit ya! Apalagi dalam kasus cystic acne, mungkin saja teman-teman butuh suntik jerawat, minum antibiotik, atau mengoleskan krim yang mengandung anti-inflamasi. Hal-hal tersebut butuh supervisi dan resep dokter.

Selain itu, jangan memencet atau memegang jerawat sembarangan dengan tangan yang belum dibersihkan. Hal itu dikhawatirkan dapat memperparah inflamasi yang terjadi, bahkan meninggalkan bekas yang lebih parah. Yang tricky-nya nih, jerawat terkadang memanggil banget untuk dipencet. Apalagi kalau sudah terlihat mata jerawatnya! Kalau sudah begitu, coba ditahan dulu deh untuk pencet-pencet jerawatnya. Jika memungkinkan, teman-teman bisa facial di klinik kecantikan, agar bisa lebih higienis (dan lebih maksimal) saat proses ekstraksi jerawat.

Lastly, tetap rajin pakai sunblock atau sunscreen ya! Karena radiasi UV juga dapat menyebabkan kemerahan pada kulit, apalagi kalau teman-teman berkulit terang.

Cara mencegah PIH dan PIE memang terdengar sederhana. Tapi, pastinya butuh komitmen dalam melakukan tindakan pencegahan yang gue sebutkan tadi. Harus rutin pakai sunblock / sunscreen dan langsung fokus mengobati jerawat begitu jerawatnya muncul. Teruntuk pejuang kulit wajah mulus dan glowing (termasuk gue nih), tetap semangat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *