May 20, 2024
Photo by Karolina Grabowska: https://www.pexels.com/photo/crop-woman-applying-cream-on-hands-4210660/

Ilustrasi wanita menggunakan produk ceramide. Sumber: pexels.com.

Eitss, namanya memang mirip dengan keramik, tapi ceramide adalah bahan yang jauh sifatnya dari keramik. Tapi, konon katanya, penggunaan ceramide bisa menghasilkan kulit kayak keramik yang mulus dan glowing. Kok bisa? Mari simak jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan dasar mengenai ceramide!

Apa itu ceramide?

Ceramide adalah golongan senyawa yang tersusun atas sphingosine dan asam lemak (fatty acids). Struktur asam lemak yang dapat berikatan dengan sphingosine itu kompleks dan beragam. Karena asam lemaknya beragam, maka kadang ada yang menyebut ceramide sebagai asam lemak, tapi ada juga yang menyebutnya sebagai lipid (karena terdiri dari 2 komponen: sphingosine plus asam lemak). Keduanya tidak salah ya!

Ceramide merupakan penyusun utama skin barrier, yang menyusun sekitar 50% komposisi lipid total dalam stratum korneum (lapisan terluar dari epidermis). Jika skin barrier dianalogikan sebagai dinding bata, maka ceramide adalah semen yang merekatkan bata yang satu dengan yang lainnya.

Delapan ceramide bebas utama dalam stratum korneum. Sumber: Coderch dkk (2003) DOI: 10.2165/00128071-200304020-00004
Delapan ceramide bebas utama dalam stratum korneum. Sumber: Coderch et. al. (2003) DOI: 10.2165/00128071-200304020-00004

Makin jenuh asam lemaknya (dalam arti, tidak memiliki atau hanya memiliki lebih sedikit ikatan rangkap) maka makin rapat susunan lipid, sehingga makin rendah kemampuan permeabilitas air keluar dari kulit.

Apa manfaat ceramide bagi kulit?

Skin barrier utamanya terdiri dari korneosit, yakni sel kulit mati yang tersusun rapat di permukaan kulit. Bersama dengan lipid fisiologis lainnya, ceramide mengisi ruang antara korneosit, membentuk jaringan perekat yang semakin merapatkan skin barrier.

Dengan demikian, skin barrier menjadi kokoh dan mampu untuk menghalangi benda asing dari luar. untuk masuk ke dalam tubuh. Manfaat yang ga kalah pentingnya, kerapatan lipid dalam skin barrier bisa menahan air keluar dari kulit secara berlebihan (Trans-epidermal Water Loss / TEWL).

Komposisi dasar skin barrier. Photo copyright of Calista for Miareveals
Komposisi dasar skin barrier. Photo copyright of Calista for Miareveals

Penghambatan TEWL menjamin jaringan di bawah skin barrier tetap lembab (terhidrasi). Hal ini bagus, karena kulit berfungsi paling baik dalam keadaan terhidrasi. Kulit yang terhidrasi dengan baik, selain nampak glowing dan plumpy, memiliki kemampuan untuk memperbaiki diri sendiri lebih cepat (self recovery) jika terluka.

Apakah ceramide benar membantu perbaikan skin barrier?

Dalam beberapa tahun belakangan, banyak muncul berbagai produk yang menjadikan ceramide sebagai star ingredient dengan klaim dapat membantu perbaikan skin barrier. Secara intuitif, berhubung ceramide adalah lipid dominan dalam skin barrier, seharusnya penggunaan ceramide akan membantu perbaikan skin barrier kan? Ternyata jawaban dari pertanyaan itu adalah TERGANTUNG.

Gangguan kandungan ceramide yang dilaporkan terjadi pada beberapa kondisi kulit. Sumber: Coderch dkk (2003) DOI: 10.2165/00128071-200304020-00004
Gangguan kandungan ceramide yang dilaporkan terjadi pada beberapa kondisi kulit. Sumber: Coderch et. al. (2003) DOI: 10.2165/00128071-200304020-00004
  1. Tergantung kondisi kulit dan tipe ceramide yang digunakan
    Saat ini, belum ada informasi yang jelas mengenai fungsi dan aktivitas masing-masing tipe ceramide. Namun, telah diteliti bahwa pada sebagian besar kondisi kulit, penurunan fungsi skin barrier ditandai dengan penurunan kadar tipe ceramide tertentu. Maka, tergantung pada kondisi kulit yang teman-teman miliki, ceramide yang dapat membantu memperbaiki skin barrier akan berbeda.
  2. Tergantung komposisi ceramide: tunggal atau campuran?
    Umumnya, ketika hanya 1-2 dari 3 lipid fisiologis utama (ceramide, kolesterol, asam lemak) diaplikasikan pada kulit, lebih besar mudarat daripada manfaatnya. Namun, ketika ketiga lipid fisiologis ATAU acylceramides (ceramide 1 dan 4) dengan kolesterol dikombinasikan, perbaikan skin barrier dapat dipercepat. Dugaannya, campuran lipid yang tidak lengkap akan menyebabkan komposisi lipid yang abnormal di dalam skin barrier.
  3. Tergantung metode penghantaran ceramide dalam formula
    Ceramide merupakan lipid sehingga bersifat hidrofobik. Artinya, ceramide tidak dapat bercampur dengan air dan cenderung menolak air. Umumnya, zat yang sifatnya hidrofobik dapat mempenetrasi kulit lebih mudah. Namun, karena ceramide SANGAT hidrofobik dan berukuran besar, sulit untuk ceramide dapat mempenetrasi kulit dan memberikan efek perbaikan skin barrier secara langsung. Maka dari itu, digunakan liposome untuk membantu penetrasi ceramide ke dalam kulit. Liposome adalah kendaraan menyerupai kapsul berukuran mikroskopis yang terbentuk dari fosfolipid bilayer, komposisi yang sama dengan membran sel manusia. Karena kesamaan “cangkang”, liposome dapat mempenetrasi kulit dengan mudah.

Apakah semua orang perlu menggunakan ceramide?

Tidak semua orang perlu menggunakan ceramide. Penggunaan ceramide dapat sangat membantu untuk orang-orang yang mengalami kerusakan fungsi skin barrier, ditandai dengan iritasi, inflamasi, bahkan berbagai kondisi kulit abnormal. Jika fungsi skin barrier teman-teman masih normal, ceramide mungkin tidak akan memberikan manfaat yang kentara, atau mungkin akan memberikan manfaat besar.

Apakah teman-teman ingin menggunakan ceramide?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *