June 3, 2023
Wanita sedang membersihkan wajah menggunakan scrub alami. Sumber: pexel.com.

Wanita sedang membersihkan wajah menggunakan scrub alami. Sumber: pexel.com.

Scrub merupakan salah satu tahap yang penting dalam skincare. Agar wajah bebas kusam, sel-sel kulit mati yang masih tersisa di kulit, dapat di-eksfoliasi menggunakan scrub. Ada bahan scrub alami, dan ada juga yang sintetis. Memang, tidak semua yang alami itu baik dan yang sintetis itu buruk. Namun dalam kasus scrub, sayangnya ada bahan sintetis yang ternyata memiliki dampak buruk terhadap lingkungan, yaitu microbeads.

Apa itu microbeads?

Microbeads adalah bola-bola plastik yang sangat kecil (berukuran 1 mikrometer hingga 1 milimeter), yang ketika digosokkan ke permukaan kulit, dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Microbeads dapat berada dalam produk scrub yang berbentuk gel, krim, paste, dan lainnya.

Meskipun microbeads efektif mengangkat sel kulit mati, namun bahan tersebut dapat mencemari lingkungan. Karena ukurannya yang sangat kecil, mudah melewati saringan limbah, dan tidak mudah terurai, microbeads dapat menjadi polutan di daerah perairan (laut, sungai, danau). Kemudian di perairan, microbeads akan menarik perhatian ikan-ikan dan dimakan oleh ikan tersebut. Artinya, ikan tersebut memakan partikel plastik (dari microbeads) dan secara tidak langsung, manusia yang mengkonsumsi ikan itu juga ikut memakan plastik. Padahal, partikel plastik tadi bisa saja sudah terpapar toksin dari lingkungan.

Ilustrasi banyaknya partikel plastik di sekitar kita. Sumber: pexel.com
Ilustrasi banyaknya partikel plastik di sekitar kita. Sumber: pexel.com

Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi manusia karena lama-kelamaan toksin tersebut terakumulasi dalam tubuh dan dapat menimbulkan penyakit. Mengingat bahayanya microbeads bagi makhluk hidup dan lingkungan, banyak orang mulai mencari opsi bahan scrub lain yang lebih environmentally-friendly.

Berikut ini adalah 5 rekomendasi bahan scrub alami yang ramah lingkungan!

Stroberi

Stroberi dapat menjadi pengganti microbeads untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu, kadar vitamin C yang tinggi di dalam stroberi juga dapat mencerahkan wajah. Cara penggunaannya cukup mudah, haluskan atau blender buah stroberi, lalu campurkan dengan minyak zaitun. Gunakan sebagai scrub pada wajah, kemudian diamkan selama beberapa menit. Wangi stroberi yang segar juga membuat wajah terasa fresh! Setelah itu, bilaslah wajah sampai bersih menggunakan facial wash dan air hangat.

Nanas

Nanas memiliki serat yang cukup kasar sehingga cocok dipakai sebagai scrub. Scrub nanas merupakan alternatif yang bagus untuk kulit acne-prone karena kandungan enzim bromelain-nya berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-mikroba.

Sebelum menghaluskan atau memblender nanas, pastikan nanas tersebut telah dicuci bersih. Gosokkan nanas halus pada wajah selama beberapa menit, lalu diamkan. Terakhir, bilaslah wajah sampai bersih menggunakan air hangat.

Green tea

Sudah menjadi rahasia umum bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat bagi kulit. Teh hijau kaya akan antioksidan berupa katekin, dan juga mengandung tanin yang berfungsi sebagai astringent (pengecil pori). Selain untuk bahan minuman, bubuk teh hijau dapat digunakan sebagai scrub wajah. Caranya, campurkan bubuk teh hijau murni dengan sedikit air hingga membentuk seperti pasta (bentuk yang agak semi-solid seperti pasta gigi). Kemudian, scrub wajah menggunakan pasta teh hijau tersebut.

Oat

Oat atau havermut adalah salah satu bahan alami yang lembut untuk eksfoliasi. Cara penggunaannya pun mudah, cukup campurkan oat dengan air, kemudian gosokkan perlahan ke wajah. Campuran tersebut juga bisa dipakai untuk masker. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas wajah dengan air hingga bersih.

Kopi

Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi dengan scrub kopi. Bubuk kopi halus dapat mengangkat sel kulit mati dengan mudah. Yang perlu diperhatikan adalah tingkat kehalusan bubuk kopinya. Bubuk kopi yang kasar justru bisa menyebabkan iritasi, terutama pada kulit wajah yang sensitif.

Kalau dari pengalaman pribadi-nya mimin nih, bubuk kopi memang ampuh banget untuk bikin kulit jadi halus lembut. Sehabis scrub pakai bubuk kopi, langsung instan deh kulit terasa halus!

Tambahan: Lidah buaya dan lemon

Kedua bahan ini bukan merupakan bahan utama scrub, tapi merupakan bahan tambahan yang bagus untuk scrub alami. Gel lidah buaya memiliki efek melembabkan dan meredakan kulit kemerahan, sehingga cocok untuk kulit kering atau sensitif. Sedangkan air lemon dapat membantu mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah, serta mengandung vitamin C untuk mencerahkan kulit. Teman-teman bisa mencampurkan lidah buaya atau air lemon dengan salah satu bahan scrub yang telah disebutkan di atas ya!

Wanita sedang membersihkan wajah menggunakan scrub alami. Sumber: pexel.com.
Wanita sedang membersihkan wajah menggunakan scrub alami. Sumber: pexel.com.

Kulit bersih dan cerah merupakan impian banyak orang, tapi jangan sampai dalam usaha untuk mendapatkannya, kita malah menggunakan bahan yang mencemari lingkungan. Pada akhirnya, jika lingkungan rusak, maka kita jugalah yang akan menanggung akibatnya. Maka dari itu, teman-teman bisa mencoba bahan scrub alami di atas! Tentunya, kalau takut alergi, coba dulu sedikit ya di kulit dan diamkan beberapa menit (5-10 menit) untuk melihat adakah reaksi alergi terhadap bahan scrub alami tersebut.

Kalau kamu, apa nih bahan scrub alami favoritmu? Share di comment ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *